Catatan PA


Penulis: Hundojo Pudjohapsoro

Tanggal: 14-09-2016

Bacaan: Ulangan 9


Simak

Israel bisa masuk dan mendapat negeri kanaan yg baik sama sekali bukan karena kebaikan mereka.


Analisa

1. Israel bisa mengalahkan bangsa kanaan dan para raksasa suku enak juga merobohkan tembok benteng yg kokoh dan sudah teruji dalam banyak pertempuran sebelumnya, semata-mata oleh pertolongan Tuhan saja yang digambarkan bagai api yg menghanguskan. 2. Tuhan mengusir dan mengalahkan bangsa kanaan bukan karena Israel sudah baik, tetapi karena kanaan lebih jahat dibandingkan Israel. 3. Musa mengingatkan kembali kejahatan2 Israel di perjalanan dari Mesir menuju Kanaan: * Membuat patung anak lembu emas dan menyembahnya * Imam Besar Harun juga ikut terlibat didalam penyembahan berhala ini, hanya oleh doa syafaat Musa Harun tidak sampai dibinasakan. * Israel juga terancam untuk dimusnahkan saat itu juga, untuk itu Musa berdoa syafaat 40 hari 40 malam. * 21 Patung anak lembu yang merupakan hasil perbuatan dosamu itu kuambil, kubakar, dan kugiling sampai halus, lalu kulemparkan ke sungai yang mengalir dari atas gunung. Ternyata di gunung Horeb/Sinai Tuhan menyediakan sungai untuk kehidupan Israel. * 23 Ketika di Kadesy-Barnea TUHAN memerintahkan supaya kamu memasuki negeri yang telah diberikan-Nya kepadamu, kamu menentang perintah-Nya. Kamu tidak percaya bahwa Ia akan menolong kamu dan kamu tidak mau menaati Dia. Ketika Tuhan memberikan negeri Kanaan pada angkatan tua Israel mereka malah ketakutan, tidak percaya, bahkan melawan Tuhan dan mau kembali ke Mesir.


Belajar

1. Keberhasilan dalam bidang apapun tidak hanya ditentukan oleh kuat dan pandai manusia, tapi oleh pertolongan Tuhan. 2. Tidak ada orang yg baik dan suci, walaupun orang itu pilihan Tuhan sendiri, kita harus selalu sadar akan hal itu. 3. Doa Musa yg tulus tanpa motivasi pribadi telah didengarkan Tuhan, padahal Tuhan telah menawarkan Musa untuk menjadi Abraham ke 2, tetapi Musa malah menawarkan diri menjadi Ishak ke 2. Dalam hal ini Musa mirip Kristus yaitu rela mengorbankan diri demi keselamatan umat Israel. 4. Sifat Tuhan itu pemurah dan penyayang, rancangan hukumanNya bisa diubah oleh karena pertobatan dan doa yg tulus.


Doa + Diskusi

.


Aplikasi

Pada saat kita berhasil, ingatlah bahwa itu bukan oleh karena kemampuan kita saja, tetapi oleh pertolongan Tuhan, jadi janganlah menjadi tinggi hati. Setiap hari periksalah hati dihadapan Tuhan dengan pertolongan Roh Kudus, karena kita adalah manusia yg lemah yang mudah jatuh dalam dosa. Taatlah kepada perintah Tuhan walau itu kelihatan mustahil sekalipun, sebab pikiran kita terbatas, lebih baik percaya kepada perintah Tuhan dari pada kepada pikiran kita sendiri.