Catatan PA


Penulis: Andreas Danang

Tanggal: 30-08-2016

Bacaan: Markus 4


Simak

* Tokoh: Yesus, orang banyak, kedua belas murid, penabur. * Tempat: Di tepi danau, di atas perahu, di pinggir jalan, di semak duri, di tanah berbatu, di tanah yang baik. * Peristiwa: Yesus mengajar dari atas perahu, peristiwa badai, Yesus menceritakan arti perumpamaan kepada kedua belas murid.


Analisa

* Ayat 11 kata "rahasia kerajaan Allah" sudah pernah dibahas di Markus 1:15. * Kata diulang-ulang: perumpamaan, firman, mendengar, percaya, penabur, menabur, benih, tanah. * Yesus mengajarkan banyak hal dalam perumpamaan fokusnya untuk kedua belas murid sekalipun banyak orang mengikuti dan turut mendengarkan perkataan-Nya. * Pada masa itu, orang begitu menghargai firman Allah, mau mendengarkan, mengingat-ingat. * Yesus mengajar dengan perumpamaan, terkait kehidupan sehari-hari. Yesus mengajarkan kepada kita untuk tenang dan percaya kepada-Nya. * Yesus melakukan pengajaran dengan cara itu -- dengan perumpamaan, sesuai dengan pengertian mereka. Ada beberapa hal yang kontradiksi: mereka mendengar, tetapi tidak mengerti, dll.. * Kedua belas murid Yesus kurang percaya kepada Yesus. Sebab, mereka panik karena ada angin ribut. * Pertanyaan tentang "siapa gerangan orang ini" menunjukkan kalau murid-murid belum sepenuhnya percaya.


Belajar

* Dari ayat 11: belajar bahwa saya harus mendengar dan mengerti, melihat dan mengerti. * Ada orang-orang yang dikhususkan oleh Yesus untuk dibawa ke mana-mana, diutus ke sana-kemari. * Lebih belajar dari peristiwa saat murid-murid dan Yesus berada di kapal: tenang dan percaya. * Belajar dari biji sesawi, seperti iman. Ketika kita memelihara iman, iman itu akan terus tumbuh. * Belajar bahwa Tuhanlah yang memberi pertumbuhan dalam setiap pekerjaan pemberitaan Firman.


Doa + Diskusi

* Kita harus bisa mendengar firman dan mengerti, melihat dan mengerti. * Perlunya melihat kapasitas dalam melayani supaya pelayanan bisa lebih baik. * Ketika imam dipelihara, iman akan bertumbuh. * Pentingnya rasa tenang dan percaya dalam menjalani hidup.


Aplikasi

* Berbagi firman Tuhan. * Melihat orang-orang yang dilayani untuk tahu kapasitas supaya bisa memutuskan/memilih secara bijak. * Tenang dan percaya dalam menghadapi masalah. * Lebih memelihara iman dengan PA. * Menjadi penabur dengan sukacita, terus percaya akan Tuhan