Catatan PA


Penulis: Hundojo Pudjohapsoro

Tanggal: 13-09-2016

Bacaan: Ulangan 8


Simak

Berbagai pesan penting untuk umat Tuhan, terutama nanti setelah masuk negeri perjanjian.


Analisa

Pesan penting yg sering diulang: 1. Harus taat kepada hukum Tuhan 2. Harus bersikap rendah hati 3. Tuhan memberi makan manna di padang gurun supaya umat mengerti bahwa roti tidak dapat mengenyangkan jiwa manusia. 4. Tuhan Yesus kemudian menjelaskan tentang makanan rohani yaitu melakukan semua kehendak Bapa. 5. Pemeliharaan Tuhan itu ajaib (Karena selama empat puluh tahun ini pakaianmu tidak menjadi usang dan kakimu tidak lecet atau bengkak.) 6. Negeri kanaan yg akan diberikan Tuhan adalah negeri yg berlimpah hasil buminya berupa bahan pangan dan bahan tambang. 7. Peringatan supaya berhati-hati ketika sudah diberkati berlimpah berupa makanan, rumah, ternak dan kekayaan yg lain, supaya tetap rendah hati dan mengutamakan Tuhan dalam hidup. 8. Kekayaan yg akan didapat itu bukan kekuatan dan kekuasaan diri tapi semata-mata berkat dari Tuhan saja. 9. Peringatan bila tidak taat melakukan perintah Tuhan maka akan datang hukuman, sama seperti hukuman yg menimpa bangsa-bangsa kanaan yg telah diusir Tuhan untuk memberi tempat bagi umatNya.


Belajar

1. Taat kepada Tuhan adalah bukti percaya kepada Tuhan, sebab iman harus disertai perbuatan, iman tanpa perbuatan adalah mati. 2. Makanan yg sejati bagi roh manusia adalah taat melakukan semua perintah Tuhan 3. Ujian pada saat diberkati lebih berat, sebab sarana untuk berbuat dosa juga bertambah 4. Bila tidak taat pada Tuhan maka selain berkat akan berhenti juga akan kehilangan hidup kekal.


Doa + Diskusi

Tuhan Yesus tolong kami untuk dapat setia seperti Bapa yg adalah setia, kami menyadari untuk taat kapada Bapa harus mengandalkan pertolongan Roh Kudus, sebab kami tidak dapat mengandalkan diri sendiri.


Aplikasi

Hidup manusia ditentukan oleh sikapnya dalam percaya dan taat kepada Tuhan Yesus.