Catatan PA


Penulis: Andreas Danang

Tanggal: 31-08-2016

Bacaan: Markus 5


Simak

*Tokoh: Yesus, orang di Gerasa, Yairus, penjaga babi, orang-orang, perempuan yang mengalami pendarahan, anak Yairus, orang yang dilepaskan dari legion. *Tempat: Gerasa, kota Dekapolis, di rumah Yairus. Di Gerasa: tidak ada orang-orang Yahudi. *Peristiwa: Yesus membebaskan orang yang kerasukan setan, kuasa Yesus menyembuhkan seorang perempuan yang pendarahan, Yesus membangkitkan anak Yairus.


Analisa

* Kata diulang: roh * Legion --> merupakan istilah pasukan prajurit Romawi yangjumlahnya sekitar 4000-6000. * Beberapa peristiwa di Markus 5: Yesus makin menekankan tentang Mesias melalui perbuatan-Nya, termasuk membangkitkan orang mati. * Seseorang yang dianggap mengerikan oleh banya orang, dalam daerah tersebut, tetap dipedulikan oleh Yesus. * Tuhan Yesus berkuasa atas setiap makhluk di bumi. Bahkan, roh jahat menyadari kuasa Yesus. * Dari sekian banyak orang yang ada di sekitar Yesus, hanya wanita ini yang mengetahui dan memercayai. * Yesus membuka jati diri-Nya dengan tidak melarang orang-orang untuk menceritakan tentang Dia. (roh jahat juga tidak disuruh diam saat menyatakan siapa Yesus sebenarnya)


Belajar

* Otoritas Allah begitu besar. * Kuasa Allah sanggup menyembuhkan, melepaskan, membangkitkan. * Belajar dari perempuan yang sakit pendarahan: punya iman yang besar. * Belajar untuk bisa merespons anugerah Tuhan dengan cara yang benar.


Doa + Diskusi

* Merefleksikan diri sendiri ketika sudah berada di dalam tangan Allah, kita sudah berada di tempat yang paling aman. * Iman semakin dikuatkan. Allah sungguh ada dan berkuasa. * Peran iman sangat penting: bisa menguatkan, memberi pengharapan.


Aplikasi

* Refleksi diri. * Bisa menyikapi dengan benar atas perbuatan Tuhan dalam hidup saya. Menyerahkan diri secara total kepada Tuhan. * Bersyukur, menyambut, dan menceritakan anugerah Allah atas hidupku. * Jangan takut dan tetap percaya kepada Tuhan. * Ingin punya hikmat, terutama dalam bermisi.